Mitologi Dewa Dewi Yunani

28 Des

 

 

 

Pasti banyak yang sudah  pernah mendengar tentang mitologi dewa dewi Yunani.  sebenarnya gimana sih awal mula dan sejarah Dewa Dewi Yunani. Mau tau?

Chekidot..😀

Adalah seorang dewa bernama Khaos. Ia hidup dalam kegelapan hampa yang panjang. Disekitarnya tiada cahaya dan kehidupan, seluruhnya hanya kelam yang tiada batas.

Dalam kejemuannya, ia ciptalah dunia. Pertama yang ia buat adalah Dewi Bumi yang cantik jelita yang penuh kekuatan dan kehidupan. Kemudian ia buat juga Tartarus dimana malam yang kelam dan jahat bertahta, disamping juga Hari yang cerah ceria.

Jangankan manusia, dewa sekalipun ngeri membayangkan keberadaan Tartarus.

Tugas Khaos akhirnya diteruskan oleh Dewi Bumi dengan mengembangkan dunia. Dewi Ágape dilahirkannya sebagai dewi kasih sayang, kemudian laut, langit biru dan gunung gemunung.

Dewa yang paling berkuasa adalah Uranus, penguasa langit yang bertahta di atas awan gemawan. Ia menikah dengan Dewi Bumi dan melahirkan dewa-dewa yang tak kenal kematian. Diantaranya adalah 12 Titan enam laki-laki dan enam perempuan. Bangsa Titan adalah bangsayang perkasa, yang terkenal adalah Okeanus yang luas membentang di permukaan bumi. Keturunannya adalah seluruh sungai di bumi dan 3000 okeanida, mata air.

Titan Hiperion dan istrinya Tea melahirkan Matahari, Fajar dan Bulan yang indah. Sedang Titan terakhir namanya Kronos, ia Sangat terampil lagi ambisius.

Anak-anak lain dari Uranus adalah Kiklopes yakni raksasa mata satu yang garang dan raksasa bertangan seratus yang luar biasa perkasa.

Karena kelakuan para Titan dan raksasa bertangan seratus tidak mendapat perkenan di mata Uranus, mereka dihukum dimasukkan ke dalam Tartarus yang gelap gulita. Dalam hukuman itu Kronos berniat melawan Uranus, ayahnya sendiri. Dengan bantuan Dewi Bumi ia bisa lepas dan membunuh Uranus.

Saat itulah kutukan Uranus bergema akan terjadinya pembalasan dari anak-anak Kronos sendiri nantinya. Kronos akhirnya bertahta, para Titan dibebaskan kecuali raksasa bertangan seratus. Kecuali Titan Okeanus yang tak mau bergabung dengan Kronos, ia mengasingkan diri ke sudut dunia.

Karena takut ancaman dari keturunannya, semua anak Kronos ditelannya mentah-mentah saat lahir. Mereka adalah Hera, Remeter, Hestia, Hades dan Poseidon.Bayi terakhir berhasil diselamatkan oleh Rea, istri Kronos, dengan mengelabuhi suaminya. Maka selamatlah bayi itu, yang kelak akan menjadi Zeus.***

Dewa Titan
Dalam mitologi Yunani, para dewa titan adalah para dewa yang pertama kali ada sebelum para dewa-dewa di Olimpus hadir. Para dewa-dewa awal ini dilukiskan oleh Hesiodus dalam karyaTheogoni-nya sebagai para dewa yang muncul begitu saja. Menurut Hesiodus, awal dari semua kisah para dewa adalah suatu keadaan yang dinamakan Chaos. Dalam bahasa Yunani, disebut Χαος yang jika diterjemahkan dari bahasa saat ini, chaos menggambarkan suatu keadaan yang kacau-balau. Menurut Hesiodus, inilah keadaan awal alam semesta sebelum munculnya para dewa ke alam semesta. Dari kekacaubalauan inilah muncul legenda yang paling awal dalam mitologi Yunani.

Gaia (dalam bahasa Yunani, Gê), Eros (Cinta), the Abyss (Tartarus atau neraka), dan Erebus adalah dewa yang pertama kali muncul dari kecaubalauan alam semesta. Dalam mitologi Romawi, Gaia dikenal sebagai Tellus atau Terra. Hesiodus menceritakan bahwa setelah Gaia muncul dari Chaos, ia kemudian berhubungan dengan Oranos (langit), lalu melahirkan 12 titan (para penguasa bumi sebelum masa para dewa-dewa Olympus). Keseluruhan dari anak-anak Gaian adalah; 6 titan pria yaitu: Coeus, Crius, Cronus, Hyperion, Iapetus, dan Oceanus. 6 titan wanita, yaitu: Mnemosyne, Phoebe, Rhea, Theia, Themis, dan Tethys.

Cronos adalah titan yang cerdik dan paling bungsu sekaligus titan yang paling nakal dari antara titan-titan yang lainnya. Melihat kenakalan Cronos, Gaia dan Oranos kemudian memutuskan bahwa tidak akan ada lagi titan yang lainnya selain mereka.

Oranos

Suatu hari, Cronos membunuh ayahnya sendiri, yaitu Oranos. Ia kemudian mengambil saudaranya Rhea sebagai istri, lalu menjadi penguasa para saudaranya sendiri.
Perilaku Cronos pun dapat dikatakan jahat. Karena takut jika apa yang dia lakukan terhadap ayahnya akan diikuti oleh anaknya, maka setiap kali Rhea melahirkan seorang bayi, Cronos akan langsung menyambarnya dan memakannya. Karena Cronos terus menerus melakukannya, Rhea pun mulai membenci Cronos. Suatu ketika ketika Rhea akan melahirkan, dia mengakali Cronos dengan membungkus sebuah batu dengan kain sehingga Cronos akan memakan batu yang disangkanya bayi Rhea tersebut. Rhea kemudian menyembunyikan sang bayi aslinya dan menamakannya Zeus yang kelak akan menjadi dewa segala dewa. Ketika akhirnya Zeus menjadi dewasa, suatu ketika ia menaruh racun dalam minuman ayahnya, Cronos, sehingga membuat Cronos memuntahkan semua saudara Zeus dan batu yang dikira Zeus yang sudah lama berada di perut Cronos. Zeus pun kemudian menantang ayahnya untuk berperang memperebutkan takhta kekuasaan. Dengan dibantu oleh Cyclopes yang diselamatkan Zeus dari Tartarus, Zeus pun akhirnya menang dan menduduki takhta kekuasaan. Cronos kemudian dibuang ke Tartarus (neraka).

Dewa Olympus
Setelah Zeus mengalahkan ayahnya, masa pemerintahan alam semesta yang baru pun dimulai. Masa ini dinamakan, masa dewa Olympus. Dalam masa ini terdapat 12 dewa yang berkuasa sekaligus mengatur bagian kekuasaannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: